Triks Meredam PC

Hai guys… ini mungkin salah satu trik dari sekian banyak trik yang ada..

1.       Mencari sumber suara yang paling mengganggu

           Hal ini membutuhkan kejelian atas pendengaran kita. Langkah – langkahnya adalah

a.       Pertama kita mencoba mencopy data yang cukup besar dari folder ke folder yang lain. Jika hal ini menimbulkan getaran atau vibrasi pada casing Anda, berarti kebisingan tersebut berasal dari Hardisk.

b.        Kedua lakukan tes dengan memutar CD audio mau  film DVD dalam Drive-nya.,sebab perangkat ini menimbulkan suara putaran yang cukup keras pula.

c.         Ketiga yaitu disamping hardisk dan drive CD maupun DVD, mungkin ada suara lain yang sulit terdeteksi. Anda bisa mencoba membuka casing dan mengamati situasi di dalamnya ketika PC bekerja. Salah satu suara yang paling kencang adalah suara desingan dari kipas – kipas pendingin seperti : kipas Heatsink prosessor, kipas pada power supply, dan kipas heatsink pada VGA(Video Grafik Array).

2.       Mengatasi masalah yang telah diketemukan di Hardisk

  Hardisk sebenarnya tidak terlalu berisik,namun karena perangkat ini tersambung dengan casing maka getaran yang dihasilkan akan menimbulkan gaungan suara. Efek ini dapat diatasi dengan cara membuat alas yang terbuat dari bahan karet untuk tempat baut.

        3     CD ROM atau DVD ROM

Untuk CD ROM atau DVD ROM, Anda tidak perlu mengakalinya untuk mengurangi kebisingan suaranya. Anda cukup mengandalkan software Nero DriveSpeed 2.0 yaitu dengan cara mengatur kecepatan drive optic untuk membacanya yang nilainya berkisar 24 s/d 32 X.

       4.      Kipas – kipas pendingin

Kipas memang sangat kita perlukan dalam mengusir panas,namun kipas ini juga turut menyumbang kebisingan pada komputer.

·        Kipas pada power supply yaitu kita cukup membersihkan debu yang menempel pada bilah – bilah kipas dengan menggunkan kuas kecil

·        Kipas pada prosessor atau HeatSink Fan. Kipas ini dapat kita perlambat putarannya dengan cara mengubah frekuensi clock speednya pada motherboard sehingga panas pada prosessor akan berkurang dan otomatis kerja kipas akan menjadi ringan.

·        Untuk motherboard yang VGA cardnya tidaknya on board. Apabila kipas pendinginnya menyumbang kebisingan, Anda dapat menggantinya dengan pendingin yang menggunakan heat sink.

·        Bila komputer Anda ada kipas tambahan maka cari kipas yang berkualitas dan tingkat kebisingannya rendah. Kipas yang baik adalah kipas yang apabila dioperasikan tidak banyak menghasilkan getaran dan biasanya berdiameter 80 mm.

 

5.       Meletakan posisi komputer yang lebih pas

Langkah terakhir mengatasi masalah kebisingan ini adalah menentukan letak komputer yang paling pas. Yang harus dipertimbangkan adalah posisi anda dengan komputer yaitu semakin dekat posisi anda dengan komputer semakin besar pula suara yang anda akan dengar. Pemilihan casing model tower (tegak) yang diletakkan dibawah meja merupakan cara yang paling baik. Jika anda lebih menyukai posisi komputer diatas meja, aturlah letaknya agar sedikit menjauh dari hadapan anda tapi tetap masih dalam jangkuan tangan anda.

 

Demikian trik meredam kebisingan pada komputer. Trik ini hanya alternative bagi mereka yang hanya dapat bekerja dan menikmati hiburan dengan berkonsentrasi penuh tanpa adanya suara kebisingan yang menganggunya. Semua  kita kembalikan kepada keinginan dan kebutuhan setiap individu pengguna komputer itu sendiri. Namun yang lebih perlu diperhatikan adalah sirkulasi udara dalam casing aliran udaranya harus lancar.

Terima kasih semua atas perhatian dan waktunya, semoga trik ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata wassalamualiakim wr.wb.

 

Iklan

April 10, 2008 at 4:52 am Tinggalkan komentar



%d blogger menyukai ini: